3 Tanaman Sayuran Konsumsi Utama Di Indonesia

Keanekaragaman Kondisi Geografis di Indonesia, menjadikan Indonesia ditumbuhi berbagai macam jenis tanaman. Diantara tanaman tersebut ada bermacam jenis yang bisa di konsumsi oleh manusia.
Karena kebutuhan konsumsi yang begitu besar, maka banyak dari tanaman tersebut di budidayakan dan di tanam di berbagai media tanam sesuai karakteristik tanaman. Berikut adalah 10 Jenis Sayuran Konsumsi Di Indonesia.

1. Bayam 

 

Inilah tanaman Sayur paling familier bagi keluarga Indonesia Bayam. Bayam bisa tumbuh di mana saja di Indonesia. Karena sesuai dengan karakteristik iklim Indonesia yang cenderung hangat. 
Bayam memiliki ciri batang ber air dan tidak berkayu, Daunnya memiliki tangkai, bentuk bulat lurus dan lemas, warna daun hijau, merah atau keputihan. Bayam kaya akan zat besi sehingga sangat berguna bagi pendertita sakit anemia.
Konsumsi Bayam biasanya diolah menjadi sayur bayam, lalapan, bobor atau digoreng dengan tepung.

2. Cabai



Cabai dapat di golongkan ke dalam buah atau sayuran tergantung bagaimana digunakan. Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia cabai bisa dianggap sebagai bahan makanan pokok, selain sembilan bahan makanan pokok yang lain. Tentunya dengan diolah menjadi bumbu masakan ataupun Sambal. 
Indonesia mengenal 2 macam cabai dengan beragam Varietas Benih cabai :

A. Cabai Merah 

Cabai merah memiliki nilai ekonomis yang tinggi, oleh karena itu Cabai merah adalah salah satu komoditas yang banyak di budidayakan oleh petani Indonesia. Cabai merh banyak digunakan dalam campuran bumbu masakan di mayoritas wilayah Indonesia.

B. Cabai Rawit

Cabai rawit memiliki nama lain cabai Kathur. Tanaman ini populer di Asia tenggara dan Asia Selatan. Di india ada masakan yang memakai bahan baku cabai yaitu kanthari mulagu.
Rumah makan di Indonesia memakai slogan kepedasan cabai rawit dengan kata Level 1 , Level 2, dst dan juga menyebut hasil masakannya dengan Edan, setan, gobyos dll.

3. Tomat



Fungsi tomat adalah klasifikasi sayuran maupun buah, meski struktur anatomi tomat adalah struktur buah. Kita mengenalnya sebagai tomat sayur, tomat buah, serta tomat lalapan
Faktanya, seiring perkembangan teknologi. Tomat yang fungsi dasarnya Sayuran dan Buah. sekarang tomat bukan hanya sebagai pelengkap makanan, justru semakin merambah luas untuk kecantikan. Kandungan Vitamin C yang tinggi, bermanfaat antara lain meremajakan dan mengecilkan Pori - pori serta mencerahkan kulit. 

Tomat memiliki umur yang pendek, oleh karena itu para petani tomat selalu dituntut untuk jeli dalam menanam tomat. Baik itu pemilihan waktu terbaik ataupun pemilihan Benih Tomat unggul.
Saat panen melimpah di pasaran, harga tomat bisa turun drastis hingga Rp. 300,- / Kg. Saat Tomat langka, harga tomat bisa mencapai Rp. 15.000,-.


Apakah tulisan ini cukup menarik bagi anda ? segera kabarkan kepada yang lain




    



3 Tanaman Sayuran Konsumsi Utama Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dewi

0 komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.